Halo !! Saya Rokim. Ini adalah blog yang membahas informasi seputar dunia Blogger, SEO, Adsense, Widget, CSS, HTML, Template dan Tips Blogging menarik lainnya.

2 Cara Mudah Mengetahui ID Widget Pada Blog

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tutorial tentang bagaimana cara termudah untuk mengetahui ID widget yang ada di platform blog. Pastinya semua widget yang ada dalam blog memiliki ID, dan ID tersebut bersifat unik, atau berbeda satu sama lain. Sebelum ke tutorialnya, kita akan mengenal apa sih ID Widget itu ?

Definisi ID Widget


ID Widget adalah pengenal atau identitas yang diberikan kepada Widget. Seperti pada manusia, jikalau manusia mempunyai nama untuk identitasnya, widget mempunyai ID untuk identitasnya. Bilamana suatu saat widget tersebut dipanggil oleh CSS, atau Javascript, widget tersebut mengerti bahwa dia sedang dipanggil oleh CSS atau Javascript.

ID Widget dalam platform web bersifat unik, atau berbeda satu sama lain, dan tidak diperbolehkan mempunyai ID yang sama. Hal tersebut dimaksudkan bilamana suatu saat widget tersebut dipanggil oleh CSS atau Javascript, beliau tidak crash atau saling bertengkar satu sama lain.

Biasanya alasan CSS atau Javascript memanggil widget tersebut untuk di tampilkan ditempat tertentu, disembunyikan, dibuat sticky, atau masih banyak lagi keperluan yang lain.

Baca Juga : Cara Membuat Sticky Widget Atau Widget Mengikuti Scroll SEO Friendly


Cara Mengetahui ID Widget Blog Dengan Mudah


Ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mengetahui ID dari suatu Widget di blog, berikut penjelasan lengkapnya :

Mengetahui ID Widget dari Layout / Tata Letak


Langkah #1.
Silahkan sobat masuk ke blogger sobat, lalu pilih Layout / Tata Letak. Lalu akan muncul widget widget yang sudah tertata sesuai platform blog sobat.

Langkah #2.
Letakkan cursor pada tulisan edit pada widget yang ingin sobat ketahui ID nya. Maka pada bawah browser sobat akan muncul link yang didalam link tersebut terdapat ID dari widget tersebut.

Mengetahui ID Widget dari Edit Gedget


Jikalau tadi sobat hanya mengarahkan kursor pada tulisan edit, pada cara ini sobat langsung meng-klik tulisan Edit tersebut, lalu akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Pada bagian url paling belakang sendiri terdapat ID dari widget tersebut.



Itulah tadi 2 cara untuk mengetahui ID Widget dengan mudah, masih banyak cara lain yang dapat sobat lakukan, namun 2 cara diataslah yang menurut saya paling mudah.

Baca Juga Artikel yang sedang buming : Membuat Background Warna Gradasi Bergerak (Animasi) di Blog

Cukup sekian tutorial kali ini, semoga apa yang saya sampaikan kali ini bermanfaat bagi saya dan semuanya, tunggu tutorial tutorial tentang blogger selanjutnya, akhir kata, cukup sekian dan terima kasih. Happy Blogging :)
Beri Tanggapan :

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Related Post