Halo !! Saya Rokim. Ini adalah blog yang membahas informasi seputar dunia Blogger, SEO, Adsense, Widget, CSS, HTML, Template dan Tips Blogging menarik lainnya.

Teknik Rahasia Mengatur Gambar di Blog Agar Lebih SEO

Cara Mengatur Gambar di Blogger Agar SEO Friendly - Gambar merupakan komponen yang sangat penting bagi artikel di website, dengan gambar kita dapat mengilustrasikan isi postingan dengan baik, semakin banyak gambar semakin mudah pula artikel tersebut untuk dipahami. Baca juga 2 Teknik Kompres Gambar Agar Lebih SEO.

Namun perlu anda ketahui, bahwasanya gambar diblogger akan berpengaruh besar pada SEO blog Anda. Semakin banyak gambar yang dipasang di blog, semaking rendah pula skor seo anda.

Kenapa kok bisa seperti itu ?

Salah seorang pakar seo berkata bahwasanya semua gambar pada blogger merupakan external link.  Setelah sekian lama saya berkecimpung di dunia blogger, saya baru sadar ternyata gambar blogger memang external link.

Jika anda perhatikan alamat url pada setiap gambar yang diupload di blogger, maka url gambar tersebut diawalli dengan "1.bp, 2.bp, 3bp, 4.bp" baru diakhiri dengan ".blogspot.com".

Semua gambar yang di hosting di alamat yang berbeda dari domain blog anda, maka hal tersebut akan diangga sebagai eksternal link. Berbeda subdomain saja sudah akan dipandang sebagai external link, apalagi berbeda domain, sudah pasti dianggap sebagai external link.

Untuk itu, sebaiknya anda pengguna blogger tidaklah banyak memakai gambar pada postingan agar skor seo anda tidak menurun. Apakah ada cara untuk mengatasi masalah ini ?

Tentu saja ada, anda tinggal menambah internal link yang seimbang dengan eksternal link agar poin yang bertahan di blog anda lebih besar dari yang keluar.

Namun ada kaidah seo yang harus diperhatikan, bahwa banyaknya internal link harus diimbangi dengan banyaknya jumlah kata dalam setiap postingan. Jika terlalu banyak internal link dan tidak diimbangi dengan banyaknya jumlah kata, maka bisa saja blog anda akan dianggap sebagai spam oleh google, akibatnya blog anda mustahil tampil di nomer 1 pencarian google.

Terus apakah ada cara lain untuk mengatasi masalah ini ?

Tentu saja ada, postingan ini akan menjawabnya.

Cara Mengatur Gambar di Blogger Agar SEO Friendly

Coba upload sebuah gambar di blogger, lalu publish. Coba kunjungi postingan gambar yang baru anda buat tersebut, coba klik pada gambar yang muncul, pasti anda akan dialihkan kealamat url dari gambar tersebut.

Kelemahan dari blogger akan nampak dari sini, gambar secara otomatis akan memiliki eksternal link yang mengarah pada url gambar tersebut. Sudah gambar dihosting dilain domain, muncul link otomatis pula yang mengarah ke luar domain. Ini membuat postingan anda tidak semakin seo saja.

Untuk itu, kita perlu menghapus eksternal link otomatis yang melekat pada gambar tersebut. Caranya...

Setelah anda selesai mengupload gambar pada blog, alihkan mode penulisan ke HTML mode, maka akan muncul sebaris kode.

Kalian amati pada tag <a> itu yang menyebabkan link eksternal tersemat pada gambar, lalu hapus seluruh elemen yang berada di tag pembuka <a> hingga ke tag penutup </a>. Lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah ini.
Lalu coba publish dan kunjungi postingan tersebut, coba klik gambar yang muncul, apakah ada perbedaan dengan yang pertama tadi ? apakah anda bisa meng-klik-nya, atau dialihkan ke alamat gambar tersebut ? Tentunya tidak, itu tandanya anda berhasil menghapus eksternal link yang tersemat dalam gambar tersebut.

Dengan ini postingan anda akan lebih seo, karena eksternal link sudah terhapus, dan hanya tinggal eksternal sourcer link untuk menampilkan gambar. Jangan lupa untuk menambahkan alt dan title pada gambar agar lebih seo juga.

Cara ini sudah saya terapkan pada blog saya, dan insyallah akan menurunkan jumlah point yang keluar dari blog saya, sehingga blog saya akan menjadi lebih seo.

UPDATE.. !!

Ternyata ada cara yang lebih simpel dari pada cara yang diatas. Caranya adalah, setelah anda upload gambar ke blog, anda tinggal klik satu kali pada gambar tersebut, lalu klik tulisan Link yang berada di top bar, maka eksternal link yang berada pada gambar tersebut akan otomatis hilang dengan sendirinya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Beri Tanggapan :

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Related Post