Halo !! Saya Rokim. Ini adalah blog yang membahas informasi seputar dunia Blogger, SEO, Adsense, Widget, CSS, HTML, Template dan Tips Blogging menarik lainnya.

Apa Itu Blog ? Blogger ? Blogspot ? Blogging?

Pada pembahasan pertama kali ini, saya akan membicarakan tentang apa itu Blog ? Blogger ? Blogging ? Blogspot ?, dan lainnya yang berkaitan dengan dunia Blog itu sendiri.

Di zaman yang serba canggih ini, orang tidak akan terlepas dengan dunia internet. Mereka menyadari bahwa dunia internet sangatlah penting bagi mereka.

Dengan internet mereka dapat terhubung satu sama lain. Mereka banyak memperoleh teman melalui media sosial. Banyak dari mereka yang mendapatkan berbagai ilmu dan informasi yang dapat mereka ambil dari website yang ada di internet ini.

Langsung saja, tanpa basa - basi lagi, kita akan langsung ke topik pembahasan...

Seluk Beluk Tentang Blog

Defini Blog

Banyak orang yang mendifinisikan tentang apa itu blog. Kita akan membahasnya secara lengkap disini.

#1. Arti Blog Menurut Saya

Blog menurut pribadi saya adalah suatu sarana atau alat, yang mawadahi para penulis amatir maupun profesional, pribadi atau publik, untuk mendokumentasikan kegiatannya dalam sebuah jurnal, yang mana jurnal tersebut dampat disimpan secara otomatis di internet.

Merekapun juga dapat mengpublikasikannya untuk kepentingan bersama. Sehingga para pencari informasipun dapat berkesempatan untuk mengunjungi blog sobat, guna untuk mencari informasi tersebut.

Dengan banyaknya orang yang mengunjungi blog sobat, tentu hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi sobat. Sobat dapat manfaatkan moment tersebut untuk memperoleh uang di blog sobat sendiri.

Baca Artikel Terkait di Blog Saudara : Cara Menghasilkan Uang dari Blog [Panduan Pemula Lengkap]

#2. Arti Blog Menurut Wikipedia

Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

#3. Menurut Para Ahli

"Sebuah blog pada dasarnya merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet." - Computer Glossary of Terms

"Weblog adalah hierarki teks, gambar, objek media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML." - Harvard University

"Blog adalah sebuah publikasi kronologis yang menyebarkan mengenai pikiran seseorang dan dalam bentuk link web." - Marketingterms Dictionary

Sejarah Munculnya Blog

Berikut sejarah awal mulanya blog, yang saya kutip dari media terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan milik Wikipedia.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere.

Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Jenis - Jenis Blog

Banyak sekali jenis - jenis blog yang dapat kita temukan didunia internet. Berikut jenis - jenis blog yang banyak beredar di internet, yang saya kutip dari sumber terpercaya, yaitu dari Wikipedia.
  • Blog Politik = Tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan tentang politik yang berbasis blog (Seperti kampanye, sosialisasi, dan promosi).
  • Blog Pribadi = Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. Intinnya semua kehendak pemilik dapat menulis aspirasinya dalam blog tersebut.
  • Blog Bertopik = Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. Misalnya blog ini, saya fokus pada topik tentang dunia Blogger sesuai Title blog saya.
  • Blog Kesehatan = Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, tanya jawab tentang kesehatan, dll.
  • Blog Sastra = Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). Yang memuat karya sastra yang dapat dinikmati banyak orang.
  • Blog Perjalanan = Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling. Biasanya blog ini mempunyai kisah kelanjutan dan sambung terus menerus antar postingan.
  • Blog Mode = Lebih dikenal dengan "Fashion Blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog Riset = Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru. Yang biasanya memuat data - data dari hasil riset tersebut.
  • Blog Hukum = Persoalan tentang dunia hukum atau urusan hukum, disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog Media = Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi, yang disajikan dalam bentuk audio, gambar, maupun video.
  • Blog Agama = Membahas tentang Sejatinya Kehidupan.
  • Blog Pendidikan = Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru, yang memiliki muatan ilmu dalam setiap postingan.
  • Blog Kebersamaan = Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu. Misalnya sebuah oraganisasi yang menggunakan blog sebagai media informasi untuk banyak orang.
  • Blog Petunjuk (directory) = Berisi ratusan link dalam halaman website, yang biasanya sebagai link rujukan untuk topik tertentu.
  • Blog Bisnis = Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan atau perorangan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
  • Blog Pengejawantahan = Merupakan blog bertopik, yang lebih memfokuskan topik ke objek di luar manusia, seperti kucing.
  • Blog Pengganggu (spam) = Digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog Virus (virus) = Blog yang didalamnya mengandung unsur perusak seperti script yang tak wajar. Namun blog seperti ini sudah sangat jarang kita temui, karena Google akhir akhir ini sedang melakukan razia bagi blog semacam itu.
  • Blog Gaya Hidup (lifestyle) = Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya. Biasanya pemilik blog ini mempunyai banyak pengikut media sosial, sehinga mereka membuat blog untuk para pengikut gaya hidupnya.
  • Blog Parenting = Berisi cerita / tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak.

Manfaat Blog

Sangat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh bila sobat berkecimpung didunia Blog. Memiliki blog sejatinya akan melatih sobat untuk menuangkan pemikiran pemikiran yang ada di benak sobat, dalam sebuah tulisan.

Hal itu akan berdampak dikehidupan sobat, yang mungkin memiliki kelemahan dalam hal menulis.

Dengan nge-blog, hal itu akan sedikit berkurang dan lama kelamaan akan membaik, seiring dengan terlatihnya sobat akan hal menulis artikel di blog.

Apalagi bila sobat mempunyai blog yang mempunyai topik tentang informasi, tentu hal itu akan menuntut sobat untuk mengetahui lebih tentang informasi - informasi yang akan sobat sampaikan dalam blog.

Dan sejatinya masih banyak lagi manfaat lainnya, yang mungkin hanya bisa sobat temukan bila sobat praktek langsung untuk membuat blog.


Setelah kita mengenal seluk beluk mengenai apa itu Blog. Kita akan beralih mengenai apa itu Blogger, karena Blog dan Blogger akan sangat berbeda. Maka dari itu kita langsung ke pembahasannya saja...

Seluk Beluk Tentang Blogger

Defini Blogger


#1. Arti Blogger Menurut Saya

Menurut saya, blogger adalah sebuah layanan, yang dibuat oleh perkumpulan atau Agency, yang fungsinya untuk mewadahi para penggiat blog, agar dengan mudah dapat membuat blog.

Jadi dengan parantara Blogger tersebutlah, kita dapat membuat blog yang dapat dilihat banyak orang didunia internet ini.

#2. Arti Blogger Menurut Wikipedia

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010.

Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Sejarah Blogger

Sejarah tentang Blogger ini saya kutip dari Wikipedia.

Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia.

Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis.

Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader".

Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru.

Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.

Media Blog Selain Blogger

Banyak sekali media blog selain Blogger, contoh yang paling terkenal adalah Wordpress. Wordpress juga merupakan pencetus lahirnya banyak situs situs di internet saat ini.

Kedua media tersebut sebagian besar mengisi situs blog yang ada di dunia saat ini. Karena kedua media inilah yang paling senior untuk masalah blog.

Sobat dapat dengan mudah membuat blog dengan kedua media ini. Namun kedua media ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing.


Setelah kita mengenal Blogger, kita akan mengenal lagi yang namanya Blogspot, berikut ini pembahasan selengkapnya...

Seluk Beluk Tentang Blogspot

Defini Blogspot

#1. Arti Blogspot Menurut Saya
Blogspot merupakan sub-domain yang diberikan kepada kita, yang di hosting langsung oleh Google, ketika kita menggunakan layanan Blogger untuk membuat Blog. Jadi kita tidak perlu lagi membeli server hosting untuk membuat Blog ini.

Alamat tersebut memberikan identitas kepada kita bahwa kita sedang menggunakan layanan Blogger sebagai pembuat blog yang sedang kita kelola saat ini.

#2. Arti Blogspot Menurut Para Ahli
Blogspot merupakan subdomain dari Google untuk layanan Blogger, yang diberikan secara percuma untuk penggunanya. Dengan syarat memberikan Attribusi dari Google untuk para penggunanya.

Lebih Tahu Mengenai Blogspot

Mungkin sobat banyak melihat, bahwa situs blog yang beredar di internet ini sebagian memiliki kata blogspot.com sebagai domainnya.

Seperti halnya blog ini, saya memakai sab-blogger.blogspot.com, karena saya memakai jasa hosting gratis milik Blogger untuk membuat blog.

Yang saya beri warna hijau tersebut merupakan domain yang saya buat, sedangkan yang saya beri warna biru merupakan sub-domain yang diberikan Blogger kepada kita sebagai Attribusi.

Lain hal-nya bila sobat memakai jasa Wordpress sebagai server hosting untuk pembuatan blog, sub-domain sobat akan berubah sesuai nama jasa pembuatnya, yaitu wordpress.com.

Sebenarnya nama sub-domain dapat sobat hilangkan, namun sobat harus membayar untuk membeli server hosting dari penyedia server hosting.

Jika sobat membeli server hosting, domain sobat akan menjadi sab-blogger.com/.id/.net, tergantung pembelian domain sobat.

Sehingga tidak ada sub domain blogspot.com / worpress.com lagi pada blog sobat. Karena sobat tidak lagi menggunakan server hosting dari Blogger maupun Wordpress.

Seluk Beluk Tentang Blogging

Defini Blogging

#1. Arti Blogging Menurut Saya
Blogging merupakan kegiatan kita saat mengelola sebuah blog, mulai dari menulis artikel, menyiapkan template, hingga publikasi sebuah blog, semua kegiatan itu saya namai kegiatan Blogging.

#2. Arti Blogging Menurut Versi Lain
Versi #1 -
Blogging adalah aktivitas pemilik dalam blog, yaitu dapat berupa membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.

Versi #2 -
Blogging adalah suatu cara kita mengkomunikasikan sebuah gagasan pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya kedalam sebuah blog untuk dijakan sebuah artikel atau postingan.

Seberapa besar kemampuan kita dalam berkomunikasi akan sangat menentukan kesuksesan dan kepopularitasan dalam kegiatan blogging.

Blogging Lebih Asyik

Menurut saya, kegiatan blogging ini sangat banyak sekali manfaatnya, sobat akan lebih terbiasa membuat kata - kata yang rapih dan teratur.

Itu sangat cocok untuk seseorang yang mungkin agak sulit berbicara dengan kata - kata yang baik, contohnya seperti saya ini.

Sebelum saya berkecimpung didunia Blogger, saya hanyalah seseorang yang sangat kesulitan untuk berbicara dengan baik didepan umum.

Namun dengan saya mempelajari dunia Blogging, kesulitan saya dalam berbicarapun semakin membaik, hingga saat ini, tutur berbicara saya semakin lancar dan membaik.

Kegiatan blogging ini akan juga menambah wawasan sobat sesuai dengan topik blog sobat.

Misalnya sobat mempunyai blog dengan topik dunia blogging, tentu hal itu secara tidak langsung menuntut sobat untuk mengetahui lebih apa itu blogging ketimbang para pengunjung blog sobat.

Tentunya, sobat akan kesana kemari untuk mencari informasi tentang apa saja yang ada didunia blogging ini. Sehingga sobat mempunyai bekal untuk membuat konten pada blog sobat.

Kesimpulan dan Penutup

#1. Kesimpulan
Berikut kesimpulan dari apa itu Blog, Blogger, Blogspot, dan Blogging.

Dari laman Computer Glossary of Terms menyebutkan tentang perbedaan 3 istilah, yaitu Blog, Blogger, Blogging.

"From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger".”

Bila kita terjemahkan ke bahasa indonesia, kurang lebih artinya sebagai berikut : Blog adalah jurnal web, aktivitas update-nya disebut dengan Blogging, dan seseorang yang mengupdate tersebut disebut Blogger.'

Itu merupakan kesimpulan dari Computer Glossary of Terms. Kita juga dapat menyimpulkan sendiri dari apa yang dapat kita ambil dari keterangan yang sangat panjang sekali di atas. Kesimpulan dari keterangan tersebut adalah :

#Blog : Merupakan Jurnal Web-nya
#Blogger : Merupakan media atau jasa pembuatan blog-nya.
#Blogspot : Merupakan domain yang diberikan kepada kita, ketika kita memakai jasa dari pembuat web tersebut.
#Blogging : Merupakan aktifitas untuk mengelola blog tersebut, orang tersebut juga dapat kita artikan sebagai Blogger.

#2. Penutup
Jadi itulah sedikit ulasan mengenai pemikiran saya mengenai Apa Itu Blog ? Blogger ? Blogspot ? Blogging?. Sebenarnya, ulasan diatas masih kurang lengkap, sobat dapat hunting lagi di blog lain untuk lebih mendalami semua istilah tersebut.

Semoga sedikit yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, tunggu artikel menarik tentang dunia Blogging lainnya hanya disini. Akhir kata, cukup sekian dan terima kasih...
Beri Tanggapan :

Tambahkan Komentar Sembunyikan

Related Post